jump to navigation

The Mentalist June 21, 2009

Posted by stevenlockhart in Review (film).
trackback

Well, sebuah film seri baru, sudah cukup lama sebenarnya namun baru aku tonton sekarang karena aku takut, sekali aku nonton aku tidak bisa berhenti seperti halnya ketika aku menonton How I Met Your Mother.
Dan itu benar – benar terjadi. Di saat sudah mendekati ujian akhir, aku malah asyik nonton film seri yang baru kutemukan ini.

Well seperti judulnya, film ini berceritakan tentang seseorang yang bernama Patrick Jane. Seseorang yang mempunyai kemampuan observasi dan penarikan kesimpulan di atas rata – rata dan pernah menggunakan kemampuannya untuk membuat orang – orang percaya seolah – olah dia adalah seorang psychic. Jane menjadi penasehat bagi CBI (California Bureau Investigation) untuk memecahkan beberapa kasus kriminal hanya dengan mengandalkan pengamatannya yang tajam pada hal-hal kecil. Bahkan dengan kemampuannya, ia pernah menghipnotis seorang saksi dan membuat saksi itu untuk menceritakan semua kejadian yang sebelumnya ia sembunyikan.
Namun Jane juga sedang dalam misi. Dikarenakan pekerjaan sebelumnya sebagai seorang psychic, ia membuat seorang penjahat bernama Red John marah dan membunuh istri dan anaknya. Maka dimulailah petualangan Jane dengan agen – agen CBI lainnya dalam memecahkan kasus.

Setelah menonton beberapa episodenya, aku langsung teringat pada karakter Sherlock Holmes. Sherlock memiliki kemampuan yang nyaris mirip dengan Jane, mengandalkan kemampuan analisa, pengamatan dan pengambilan kesimpulan yang tajam. Aku seakan – akan sedang melihat novel karangan Sir Arthur Conan Doyle tersebut difilmkan.

Berbeda dengan film – film yang pernah aku tonton seperti Prison Break yang menampilkan kecerdikan sang tokoh dalam merencanakan sesuatu dengan sempurna, The Mentalist lebih ke arah memanipulasi cara dan jalan pikiran seseorang sehingga orang tersebut memikirkan apa yang kita ingin dia pikirkan. Bayangkan jika Deddy Corbuzier atau Romy Rafael menjadi seorang penegak hukum. Itulah film ini.

Mentalist :
– Someone who uses mental acquity, hypnosis, and/or suggestion.
– A master manipulator of thoughts and behaviour.

Jane : Why do magicians have beautiful girls assistants? Because they’re reliable distracters of attention. People will look at a beautiful girl for a long time before they look where they should be looking if they wanna see how the trick really works.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

