jump to navigation

Board Games Day June 9, 2009

Posted by stevenlockhart in Journey of Life, Review (others).
trackback

Hari Minggu kemarin bisa dibilang hari board game buatku. Karena, Jason tiba-tiba mengajak pergi ke toko Board Game yang bernama Strategos Utopia di Senayan Trade Center yang baru saja pindah lokasi yang sebelumnya berada di KTC Hypermart Kelapa Gading. Entah ada maksud mau membeli sebuah board game atau apa, yang jelas aku, Cynthia dan Jason mencoba sebuah demo game yang bernama Pandemic.

Pandemic adalah sebuah board game yang bertemakan kooperatif dengan objektif menyelamatkan dunia dari wabah penyakit Pandemic. Taglinenya sendiri berbunyi “Do you have what it takes to save the humanity.”
Tahap awal player memilih karakter secara random dimana ada 5 karakter dengan special ability yang berbeda-beda (Operation Expert, Researcher, Scientist, Medic, Dispatcher). Kemudian men-setting kartu-kartu negara, kartu epidemic (wabah penyakit), dan kartu penyebaran virus penyakit serta menentukan tingkat kesulitan game ini.
Di setiap turn pemainnya, wabah penyakit akan bertambah yang ditandai dengan kubus. Satu negara maksimal hanya bisa menampung 3 kubus, jadi jika negara tersebut terkena penyakit lagi maka kubus yang harusnya menjadi 4 akan ditularkan ke negara sebelah-sebelahnya. Event ini dinamakan Outbreak.
Player dinyatakan menang jika sudah berhasil menemukan 4 macam vaksin sebelum virus penyakit menular terlalu parah.
Player dinyatakan kalah jika tingkat Outbreak sudah mencapai level 8 alias penyebaran virus penyakit sudah tidak bisa ditolong lagi.

Memainkan 2 round game ini menghabiskan waktu sekitar dua jam. Dan karena ini adalah game demo jadi kami bisa memainkannya di tempat. Pada akhirnya Jason memutuskan untuk membeli game ini dan terlihat cukup antusias.

Setelah selesai menghabiskan waktu seharian di Senayan, kami memutuskan untuk kembali ke tempatku. Karena ada penambahan anggota sebanyak 2 orang, kali ini kami memainkan board game yang bernama Cuba. Sebuah game yang bertemakan civilization negara Cuba mulai dari jalur perdagangan, pemilihan presiden yang bisa dilakukan dengan menyogok, penetapan kebijakan pajak, subsidi dll, proses produksi bahan mentah menjadi bahan baku, sampai pembangunan gedung menggunakan sumber daya alam di negara tersebut.
Menghabiskan waktu 2 jam untuk menyelesaikan 1 round game ini sehingga jam 10 malam Jason baru bisa pulang ke rumahnya. Mungkin suatu saat aku akan mencoba untuk menulis reviewnya.

Advertisements

Comments»

1. raykuro - June 12, 2009

hmm Jason huh?

2. stevenlockhart - June 12, 2009

Haha..males pake nama asli lix..dari awal blog ni jg uda pake nama-nama fiksi..berdasarkan nama2 tokoh fiksi yang pernah g tau..hehe

3. Mario Januar - October 19, 2009

untung strategos utopianya gak fiksi hehehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: